• Jelajahi

    Copyright © PT Falih Media Utama
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Cara Mengatasi Pencurian Data Melalui Update Story Instagram

    Admin
    Thursday, February 9, 2023, February 09, 2023 WIB Last Updated 2024-02-22T12:19:02Z

    Pencurian-Data-Melalui-Update-Story-Instagram
                                                                             Ilustrasi (Pexels)

    FALIHMEDIA.COM - Akhir-akhir ini marak penipuan melalui update story disalah satu jejaring media sosial Instagram (IG), Kementrian Komonikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menghimbau kepada masyarakat khususnya para pengguna agar berhati-hati.

    Fitur yang terdapat pada IG seperti add yours berpotensi sebagai jalan utama untuk melakukan pencurian data dari penggunanya, oleh sebab itu, pengguna harus berhati-hati dan tetap waspada.

    Dikutip dari @indonesiabaik, Minggu (5/2/2023) kemarin "Kita harus berhati-hati terhadap tren penipuan yang tengah marak di Instagram atau media sosial lainnya dengan cara social engineering," tulisnya.

    Di era digital saat ini, keamanan data pribadi kita sangat penting untuk di konsiderasikan, sebab terjadinya pencurian data ini bukan hanya terjadi pada saat ini, melainkan sudah kerap terjadi.

    Penipuan seperti ini kerap terjadi dan digunakan oleh pelaku dengan memanfaatkan kepercayaan dan emosi seseorang untuk mendapatkan data pribadi.

    Biasanya penipuan seperti ini dengan mengatasnamakan sebagai perwakilan dari perusahaan, sehingga meraka meminta informasi data pribadi seperti pasword dan juga rekening.

    Penipuan seperti ini dilakukan melalui email, medsos atau bahkan menghubungi langsung via telepon selular.

    Berikut cara mengatasi pencurian data melalui update story Instagram:

    Menggunakan keamanan akun Instagram
    Pastikan sebelum memberikan informasi lewat update story, melakukan keamanan akun dengan baik seperti menggunakan password yang kuat dan mengaktifkan fitur autentikasi 2 faktor.

    Jangan memberikan informasi pribadi
    Jangan sekali-kali update story dengan data pribadi seperti email, nomor telepon dan informasi pribadi penting lainnya.

    Jangan tergiur dengan tautan link yang diterima
    Tautan link juga bisa sebagai salah satu cara pelaku untuk mendapatkan informasi pribadi, oleh karena itu, jangan asal klik link yang diterima melalui update story IG dan pastikan bahwa tautan link tersebut bersumber dari yang dapat dipercaya.

    Menggunakan keamanan aplikasi
    Sebaiknya bagi para pengguna Instagram menggunakan keamanan yang disediakan, seperti halnya antivirus dan firewall. Sebab aplikasi ini dipercaya untuk menjaga informasi data pribadi penggunanya.

    Mengaktifkan fitur privasi
    Fitur privasi yang terdapat di Instagram juga berperan penting dalam melindungi data pribadi bagi para pengguna IG, untuk itu penting bagi para pengguna untuk mengaktifkan fitur privasi ini.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini